Sunday, February 20, 2011

BOOTING, MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI PROSEDUR

Booting
•proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses
•proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.

Ada 2 macam booting:
Warm booting :
booting pada saat komputer sudah hidup (mendapat suplai listrik) mendapat supply listrik (booting panas)
Cold booting :
booting komputer dari keadaan mati (tidak mendapat supplai listrik) (booting dingin)

Jika komputer tidak dimatikan sesuai dengan prosedur maka perangkat yang paling riskan rusak adalah hardisk , yang berfungsi menyimpan data secara permanen. karena hardisk akan mengalami bootsektor atau sektor yang digunakan untuk menyimpan data rusak

Langkah-langkah untuk menghidupkan komputer sesuai prosedur:

1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
3. Pastikan disk drive dalam keadaan kosong, karena kemungkinan akan mengganggu proses booting
4. Tekan tombol Power atau tombol On pada CPU dan monitor
5. Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Windows atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
6. Tunggu sampai proses booting selesai hingga muncul tampilan desktop

Langkah mematikan komputer sesuai prosedur:

Setelah selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. JIka Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

1. Pastikan program aplikasi yang terbuka sudah ditutup /close
2. Pilih dan klik Tombol Start pada taskbar
3. Klik option Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
• Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keadaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.

• Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahuu.

• Restart, Pilihan ini digunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.

• Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.

No comments:

Post a Comment

Blog lainku

Popular Posts