Saturday, February 26, 2011

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Terhadap Pelajaran

1. Memahami Bukan Menghafal
       Satu hal yang perlu diketahui dalam belajar yaitu memahami lebih penting dari pada menghafal. sebaiknya dalam belajar cukup sekilas saja yang penting paham + mengerti. Hafalan hanya akan membuat kita tambah pusing dan semakin sulit untuk berkonsentrasi. terlebih lagi menghafal memerlukan energi dan waktu yang lebih banyak dari pada memahami. bila kita hanya menghafal maka akan kerepotan dalam prakteknya.
2. Jadikan temanmu Guru
        Tentunya kamu punya teman yang lebih pintar daripada kamu kan? dengan menanyakan sesuatu yang kamu anggap sulit kepada temanmu, itu lebih efektif daripada berguru pada buku atau bahkan gurumu sendiri. Jika berguru pada teman maka kamu akan merasa rileks dan nyaman, apalagi bila teman dekat, akan ada selingan obrolan yang menarik.
3. Buat gambar-gambar menarik atau ilustrasi
       jika kamu sulit untuk memahami sebuah teori, coba kamu buat gambar-gambar dari tulisan yang disebutkan di teori, atau membuat peta konsep sederhana yang menurut kamu logis. Dengan menggambarkan sebuah objek yang berhubungan dengan teori tersebut, maka kamu akan lebih mudah memahami. Bila perlu, beri warna agar lebih menarik.
4. Membuat teka-teki atau games atau pertanyaan balik
       Jika kamu kesulitan memahami sebuah teori karena bosan, cobalah bermain teka-teki dengan temanmu tentang pelajarn tersebut. dengan begitu memahami akan menjadi lebih menarik dan semangat. kalau kamu sendirian, ya buat sendiri-isi sendiri.
5. Biarkan pikiranmu melayang
        Jika kamu sedang membaca buku, cobalah untuk tidak terlalu fokus kepada jalan cerita agar tidak terlalu jenuh. Biarkan saja pikiranmu berhenti di satu tema dan melayang pergi sampai tak ada lagi hal yang bisa kamu fikirkan tentang tema tersebut. misalkan kamu sedang belajar mengenai masa kehidupan manusia purba, biarkan pikiran kamu berhenti sejenak pada kata manusia purba dan biarkan otak mu memikirkan segala sesuatu tentang manusia purba seperti , apa makanan manusia purba? apakah dia memakai pakaian, dengan apa dia memotong rambut, dst.
6. Jangan pernah memikirkan masalahmu saat belajar
        Ketika kamu sedang belajar maka di otak kamu tidak boleh ada masalah yang mengganjal. Bila kamu memikirkan suatu masalah, kamu akan cenderung ngantuk dan bosan. disisi lain kamu juga tidak akan mungkin menemukan solusi permasalahanmu ketika kamu belajar sambil memikirkan masalah.
7. Buat batas kamu belajar
        Jika kamu belajar, bayangkan itu adalah kompetisi yang harus kamu menangkan. dan pada hari itu kamu harus meraih 10 poin , misalkan 10 poin = 2 paragraf yang harus dipahami. maka kamu akan cepat memahami karena kamu tau batasan kamu belajar hari ini. jika kamu belajar tanpa batasan yangditentukan terlebih dahulu, kecenderungan bosan dan malas karena materinya banyak.

No comments:

Post a Comment

Blog lainku

Popular Posts