Wednesday, February 23, 2011

Pengertian dan contoh Paragraf deskripsi/deskriptif

Paragraf deskripsi/deskriptif

Paragraph deskriptif/deskripsi yaitu paragraph yang menjelaskan/menggambarkan/merincikan suatu objek tertentu menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penulis.
Contoh paragraf deskripsi/deskriptif:
Rumahku
    Rumahku terletak di desa danakerta, tepatnya di pertigaan dekat pangkalan ojek. Di depan rumahku ada sebuah took sembako milik Ibuku. Rumahku terlihat sejuk dan indah dari kejauhan karena dikelilingi oleh berbagai tanaman yang senantiasa memberikan udara sejuk disekitarnya. Terlebih lagi warna cat tembok yang hijau kebiru-biruan menambah kesejukan disana. Lima buah jendala yang indah membuat rumahku semakin sedap di pandang mata. Halaman depannya bersih , tak sedikitpun sampah yang terlihat disana.

Ciri-ciri paragraf deskripsi/deskriptif :
1. Mudah dipahami
2. Menggambarkan
3. Komunikatif
4. Dapat membuat pembaca tertarik
5. Penggambaran objek secara spesifik
6. Mengajak pembaca untuk seolah-olah merasakan suasana yang dirasakan penulis
 
Paragraf deskripsi/deskriptif ada dua macam :
1. Paragraph deskripsi subyektif
Yaitu paragraf deskripsi yang menyertakan pendapat pribadi yang melebih-lebihkan suatu objek (hiper bola). Contoh:
Suasana Ruang TIK 1 SMA N 1 Purbalingga
Suasana ruang TIK 1 SMA N 1 Purbalingga sangat hening dan sejuk bagaikan sawah yang ditinggalkan binatang. Siswa di dalam ruangan tersebut sibuk menjelajahi dunia dengan fasilitas Internet yang tersediadi setiap computer. Angin yang berhembus dari AC membuat siswa yang berada di ruangan tersebut merasakan sejuknya pegunungan. Siswa di ruang TIK 1 sangat nyaman karena ruangan tersebut terjaga kebersihan dan kerapiannya.
keterangan:
- kata yang diketik tebal menunjukan kata yang melebih-lebihkan (hiper bola)

2. Paragraf deskripsi obyektif
Yaitu paragraf deskripsi yang menjelaskan suatu objek dengan apa adanya tanpa melebih-lebihkan keadaan suatu objek.contoh :
Keadaan Ruang TIK 1 SMA N 1 Purbalingga
Keadaan ruang TIK 1 SMA N 1 Purbalingga cukup rapid an bersih. Di ruangan tersebut terdapat 20 komputer yang siap untuk dipakai oleh siswa SMA N 1 Purbalingga. Di ruangan tersebut terdapat 3 AC yang menyejukan ruangan tersebut. Ada empat lampu yang dapat menerangi ruangan tersebut. Di ruangan tersebut juga terdapat LCD proyektor yang menggantung di atap.
 keterangan:
- bisa dilihat bahwa pada paragraf deskripsi obyektif tidak ada yang melebih-lebihkan sesuatu.

No comments:

Post a Comment

Blog lainku

Popular Posts