Saturday, February 19, 2011

Pengertian dan cara kerja modem

Modem merupakan sebuah singkatan yang berarti modulator-demodulator. Namanya ini disesuaikan dengan fungsinya sebagai modulator dan demodulator. Dalam kerjanya, modem melakukan proses modulasi dan demodulasi terhadapdata yang dipancarkan. Modem menerima rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasikarakteristik sinyal analog (level tegangan, frekuensi atau fasa) agar dapat disalurkan melalui saluran telepon atau cablelines. Sedangkan pada si penerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat dibaca oleh komputer, proses ini dinamakan demodulasi. Standarisasi darimodulasi dewasa ini berfungsi untuk mencapai kecepatan yang lebih baik lagi. Pada awalnya kecepatan dari modem ini adalah 300 bps dan dewasa ini telah mencapai 56 Kbps. Kecepatan modem itu sendiri sekarang ini sudah cukup cepat dibanding dahulu, tetapi untuk penggunaannya di Indonesia masih dibatasi dengan kurang bagusnya jaringan telepon yang tersedia. Saat ini kecepatan modem yang sering digunakan di Indonesia adalah sebesar 56Kbps, tetapi dengan kondisi jaringan telepon yang ada, kecepatan tersebut mungkin maksimal hanya sekitar 33.6 Kbps saja.
Bagi sebagian pengguna Personal Computer (PC), modem bukanlah sesuatu yang benar-benar asing. Ia digunakan umumnya untuk melakukan koneksi internet melalui jaringan telepon rumah. Seperti apakah cara kerjanya.

Modem berasal dari kata modulator/demodulator. Ini berarti modem memiliki kemampuan memudulasi dan medemodulasi. Modulasi adalah suatu cara untuk menumpangkan sebuah gelombang pada gelombang yang lain. Jadi dengan modem ini bisa dikirimkan dan diterima data antara dua buah computer melalui jalur telepon yang sudah tersedia lebih dulu.

Kecepatan modem sendiri sudah mengalami peningkatan yang bagus. Saat ini kecepatan modem yang umum di pasaran adalah 56kbps (kilo byte per second). Kecepatan sebesar ini kelihatannya sudah dan akan bertahan cukup lama. Hal ini tentunya ada hubungannya dengan keterbatasan dari jalur telepon itu sendiri. di Indonesia kecepatan sebesar ini saja terkadang tidak tercapai karena kurang baiknya jaringan telepon yang ada. Modem masa kini juga sering kali memiliki kemampuan tambahan seperti halnya mengirimkan fax baik ke computer lain maupun ke mesin fax.

Beberapa jenis modem yang ada di pasaran, dengan harga dan jenis yang bervariasi:
- Agere 56k Int
- Prolink 56K int Conexant Twister
- Prolink 56k int Windforce
- Prolink Ext Usb
- Netlink 56K Ext. Conexant Box Para
PERBEDAAN JARINGAN KABEL DAN TANPA KABEL
KABEL MENGGUNAKAN KABEL UTP,
TANPA KABEL MENGGUNAKAN GELOMBANG ELEKTRIK/MICRO

>> perbandingan/ perbedaan modem tanpa kabel dan pake kabel

KABEL                                                         TANPA KABEL
MAHAL                                                              MURAH
RIBET                                                                PRAKTIS
TIDAKTERPENGARUH JARAK           TERPENGARUH JARAK
RUANG LINGKUP TIDAK LUAS          RUANG LINGKUP LUAS

No comments:

Post a Comment

Blog lainku

Popular Posts